“Hujan Pembawa DBD”

Demam Berdarah Dengue (DBD) bisa menyerang siapa saja baik yang tua ataupun muda dan tidak menutup kemungkinan terjadi pada anak-anak. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan setengah dari populasi manusia di dunia beresiko terkena penyakit ini. Indonesia pun termasuk negara yang rawan DBD dengan catatan kasus yang cukup tinggi. Pertanyaannya adalah, apa yang menjadi penyebab Demam Berdarah?

Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus dengue. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua nyamuk Aedes Aegypti membawa virus dengue. Nyamuk yang sekali terkena virus dengue akan selamanya membawa virus tersebut. Ada kemungkinan seluruh anggota keluarga beresiko terinfeksi virus dengue yang sama dalam waktu 2 sampai 3 hari.

Musim hujan adalah salah satu penyebab mewabahnya demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia. Selama musim hujan umumnya kasus demam berdarah dengue (DBD) meningkat karena banyaknya genangan air. Nyamuk akan lebih mudah berkembang biak di lingkungan yang lembab.

Secara umum, iklim atau perubahan cuaca adalah faktor kunci yang menegendalikan dimana spesies nyamuk dapat berkembang biak. Virus dengue sebenarnya bisa di lawan oleh sistem imun tubuh sebelum muncul gejala. Namun apabila daya tahan tubuh sedang lemah, terutama dimusim pancaroba, akan lebih berpeluang terinfeksi virus tersebut.

Mengutip dari artikel Panduan Bunda tentang Gejala DBD ” https://panduanbunda.com/articles/index/waspada-inilah-gejala-demam-berdarah-dengue-dbd-pada-anak ” yang saya baca ternyata tidak sedikit anak di Indonesia meninggal dunia akibat penyakit ini. Gejalanya pun terbagi menjadi 2, gejala DBD ringan dan parah.

Walaupun penyakit ini sangat mengerikan, bukan berarti tidak ada tips untuk penanganan pertama pada gejala DBD. Untuk menurunkan demam pada anak, bisa dilakukan dengan cara mengompres pada dahi dan konsumsi obat Paracetamol. Pastikan anak istirahat yang cukup dan untuk mencegah dehidrasi pastikan juga anak mendapatkan cairan yang cukup.

Rekomendasi obat untuk penanganan pertama pada DBD adalah “Termorex” sebagai langkah awal terhadap DBD. Termorex merupakan sirup yang mengandung Parasetamol
160mg/5ml. Termorex efektif membantu menurunkan panas dan demam pada anak. Termorex sudah teregistrasi BPOM, tidak mengandung alkohol dan dilengkapi dengan rasa jeruk manis yang digemari anak-anak.

Dapatkan berbagai informasi penting mengenai kesehatan pada anak dan keluarga yang lengkap di Sosial Media Panduan Bunda

– Instagram : @panduanbunda

– Facebook : https://www.facebook.com/panduanbunda/

– Official website https://www.panduanbunda.com

– Twitter : https://twitter.com/panduanbunda

RIVIEW KLINIK ESTETIKA dr. AFFANDI

Selalu bersyukur dengan diberikan anugerah dari Allah berupa kulit wajah yang sehat karena sangat jarang sekali timbul jerawat. Hanya saja kulit kering cenderung berminyak yang bikin gregetan apalagi kalau pas siang hari, wajah jadi mengkilap karena minyak. Kalau gak rajin-rajin merawat kulit wajah dengan skincare, wajah akan kusam dan terlihat lebih tua. Ibarat makanan, skincare kayak facial foam, serum, moisturizer itu wajib digunakan setiap hari kalau gak bisa sakit.

Pada dasarnya perawatan yang kita lakukan dirumah saja itu kurang lengkap untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan yang kita percaya, hasilnya bisa sesuai yang kita inginkan. Kulit jadi sehat terawat, tampak cerah, kencang dan terlihat awet muda. Kali ini aku mau rekomendasikan Klinik kecantikan kepercayaan aku yang terpercaya dan terbukti hasilnya dan bukan kaleng-kaleng ya. Yesss, Klinik Kecantikan Estetika dr. Affandi jawabnnya, mau tau apa aja? Simak terus ya ulasan aku.

Klinik Estetika dr. Affandi pasti terdengar familiar dan tidak asing ya ditelinga kalian. Kalian tahu gak, gimana caranya supaya kita bisa tahu kalau Klinik kecantikan itu terjamin atau tidak? Gampang banget. Saking banyaknya pilihan Klinik Kecantikan, pastinya semakin memudahkan kita untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan efektif. Selain itu berkaitan dengan harga dan banyak pilihan, membuat sejumlah Klinik kecantikan rajin kasih promosi dan potongan harga. Hasilnya pelanggan pun merasa lebih diuntungkan, tapi kalian jangan langsung tergiur ya dengan harga murah dan hasil yang cepat.

Untuk mengetahui Klinik kecantikan yang berkualitas baik dengan yang abal-abal sangat mudah, kalian hanya perlu lihat di papan nama Klinik tsb, apakah ada nomor perizinannya. Klinik kecantikan yang memiliki kelengkapan data dan nomor izin yang terpampang nyata di papan nama sudah bisa dipastikan Klinik tsb kredibel karena sudah resmi diakui oleh Pemerintah. Untuk Klinik Estetika dr. Affandi sudah resmi dong, ada nomor izin yang dipajang di papan nama! Kalau Klinik langganan kalian gimana?

Nah, sekarang aku mau bahas tentang Treatment apa aja yang ada di Klinik Estetika dr. Affandi. Ada Laser Treatment, ada 3 macam Laser Treatment yang semuanya bertujuan untuk menghilangkan flek hitam, mengencangkan kulit, menghilangkan bekas stretchmark, memperbaiki tekstur permukaan kulit jadi lebih halus, mengurangi garis halus atau kerutan, meremajakan kulit dll. Untuk harga mulai dari Rp.1,5 jutaan, kulit wajah dan tubuh idaman kalian bisa didapatkan dengan mudah.

Ada juga Threadlift Treatment atau yang biasa dikenal dengan tanam benang, dengan merangsang pertumbuhan kolagen untuk mengencangkan kulit wajah. Selain itu bisa memperbaiki kontur wajah, kulit wajah yang kendur jadi lebih kencang dan tampak lebih muda. Untuk yang kulit berjerawat ada juga Purifying Facial untuk kulit berjerawat dan berminyak. Kalian yang berhidung minimalis alias pesek bisa nih Nose Threadlift, Treatment ini sangat aman karena langsung ditangani oleh dokter profesional tanpa rasa sakit.

Nah, untuk kalian yang punya kulit kusam, ada juga Brightening Peeling, proses pada Treatment ini termasuk cepat untuk mendapatkan kulit yang cerah, glowing dan bebas dari garis halus. Dan tentunya masih banyak lagi jenis Treatment di Klinik Estetika dr. Affandi, tergantung kebutuhan kalian. Tapi sebelum kalian melakukan Treatment, kalian harus konsultasi terlebih dahulu agar kalian bisa mendapatkan Treatment yang tepat. Kabar baiknya, konsultasinya “Gratis” dan online tanpa harus datang ke Klinik, cuma lewat aplikasi, yang bisa kalian install di Google Play, jadi kalian gak akan salah Treatment.

So, kalian jangan ragu deh untuk perawatan kulit wajah dan tubuh di Klinik Estetika dr. Affandi karena sudah terbukti hasilnya. Harga yang mahal seimbang dengan hasil yang maksimal, dijamin kalian gak akan kecewa. Saat ini Klinik Estetika dr. Affandi sudah banyak cabangnya, untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya ada di Cabang Kelapa Gading, Kebon Jeruk, Duren Tiga, Cibubur, Bekasi dan Depok. Kalau aku selalu Treatment di cabang Kelapa Gading, yuk janjian sama aku untuk Treatment bareng di Klinik Estetika dr. Affandi

Hoby Yang Berawal Dari Paksaan

Mengarang dan berimajinasi lewat tulisan adalah hal yang aku gak suka dari dulu sejak dibangku sekolah. Kalau cuma sekedar menulis tapi tinggal lihat dipapan tulis mah, aku jagonya menulis cepat, tapi kalau harus mengarang dan berimajinasi, aku paling depan lambaikan bendera putih alias “Nyerah”. Padahal dari SD sampai SMK, nilai bahasa Indonesia ku selalu dapat nilai bagus, saking bagusnya sampai-sampai buku catatan aku dijadikan materi pembelajaran sama guru Bahasa Indonesia ku di SMK, karena menurutnya catatan aku rapih dan lengkap.

Temanku mengajak untuk jadi blogger, yang aku tau blogger itu hanya untuk yang hobby nulis dan berimajinasi dengan tulisan. Sedangkan aku, boro-boro nulis, berimajinasi aja ogah karena gak hobby sama sekali. Tapi temanku memamerkan kalau dengan menjadi blogger bisa jadi ladang penghasilan kalau kita tekunkan. Aku gak percaya dong, masa sih cuma nulis dan berimajinasi doang bisa menghasilkan uang? Dari mana uangnya? Siapa yang mau bayar tulisan kita? Pertanyaan itu yang selalu ada dipikiran aku.

Hingga satu saat, temanku mengajak untuk datang ke suatu acara yang disponsori oleh salah satu RS ternama di Jakarta, dan ada bayarannya. Dari situ aku masih bingung, masa RS mau kasih bayaran ke kita cuma dengan bermodalkan tulisan, masih agak ragu. Alhasil tetap datang lah aku ke acara itu, disepanjang acara aku diberikan rules, apa aja yang harus kita kerjakan supaya kita dapat bayaran. Menulis blog, posting di sosial media, dengan caption seputar tema dari acara tersebut tapi gak boleh nyomot dari tulisan orang lain, harus original tulisan sendiri.

Pada akhirnya aku tulislah diblog semampu aku dan apa yang lewat dipikiran, aku tulis aja. Ragu banget dan gak pede sama tulisan aku, takut salah dan gak sesuai harapan dari pihak yang ngajak aku. Bolak balik aku baca ulang dan aku kroscek apakah ada kata-kata yang salah dan kurang sebelum akhirnya aku kirim. Kritik adalah hal yang aku takutkan, dari dulu aku takut banget dikritik karena dalam pikiran aku yang namanya kritik itu pedes dan nyakitin.

Bener aja, tulisan aku dikritis karena banyak pengulangan kata, tapi kok aku gak kesal ya dikritik, justru aku langsung kroscek letak kesalahanku dimana. Aku kok malah nerima dan seneng ya dikritik seperti itu, karena aku tau maksud dari kritikan adalah untuk kita bisa lebih baik lagi dan tidak mengulang kesalahan. Dari situ, aku justrus malah minta kritikan dari blogger-blogger senior, apa aja yang salah dan kurang dari tulisan aku? Biar aku perbaiki supaya aku bisa belajar untuk jadi blogger profesional.

Akhirnya aku faham, dengan menjadi blogger bisa mengasilkan uang dan jadi ladang penghasilan yang menggiurkan. Lewat tulisan kita, bisa dipublikasi dan banyak orang bisa mengakses dan membaca kita dan bisa tertarik dengan materi yang kita tulis di blog. Bisa jadi nilai jual buat brand yang membayar kita, itu berarti secara tidak langsung kita ikut memasarkan atau mempromosikan brand tersebut. Sekarang aku harus membiasakan dan melatih diri untuk menulis di blog agar terbiasa dan pede dalam tiap tulisan apapun materinya.

PUNYA ASURANSI = FINANSIAL KELUARGA AMAN

“Sakit”

Adalah hal yang tentunya gak diinginkan sama semua orang, selain menyiksa raga, keluarga gak keurus, juga menyiksa finansial. Tidak ada satu orang pun yang terbebas dari risiko kesehatan, sehingga Asuransi Kesehatan menjadi hal penting yang harus dimiliki. Asuransi Kesehatan berguna untuk melindungi diri dan keluarga dari resiko keuangan yang disebabkan oleh mahalnya biaya medis yang terus meningkat tiap tahunnya

Manfaat asuransi gak cuma biaya kamar rawat inap, tapi juga biaya dokter, obat-obatan, perawatan setelah rawat inap, biaya tindakan bedah dan cek laboratorium. Terkadang kita berpikir, apakah bayar premi setiap bulan untuk asuransi kesehatan itu perlu? Pastinya kita akan merasa terbebani setiap bulannya untuk membayar premi. Tapi kita juga harus memikirkan seberapa mahalnya biaya pengobatan dan rumah sakit sekarang.

Biaya kesehatan di Indonesia terus naik setiap tahunnya sekitar 10-15%. Dibandingkan dengan kenaikan gaji rata-rata penduduk Indonesia, bisa dibilang mustahil kita bisa menanggung biaya kesehatan itu tanpa dicover asuransi. Bayangin kalau kita mendadak kena penyakit kritis, biaya rumah sakitnya bisa selangit kalau harus dirawat inap.

Saat ini, banyak pilihan Asuransi yang memberikan manfaat lengkap dengan biaya premi yang beragam.

Sumber gambar Sequiz.co.id

Saya pernah punya pengalaman, ini saya yang mengalami sendiri. Sekitar 4 tahun yang lalu, saya demam tinggi, sudah dibawa ke klinik dan diberikan obatpun gak sembuh juga. Kurang lebih demam saya tidak turun hampir 3 hari, suami pun panik dan akhirnya saya dibawa ke rumah sakit, dan ternyata saya terkena gejala Tipes. Dan akhirnya saya harus di rawat inap di rumah sakit.

Disela saya ngerasain badan lemes, saya pun berbisik ke suami, “yah, ini gimana bayarnya? biayanya berapa? Emangnya kamu punya uang? Dan suamipun raut mukanya langsung ikutan bingung! Untuk ngecek biayanya, suami saya langsung tanya ke bagian administrasi, dan bener aja, baru semalam di rawat inap, biaya sudah hampir 500ribu.

Pas tau biayanya semahal itu, langsung terlintas dipikiran saya buat langsung pulang aja, gak usah lama2 dirawat. Tapi suami melarang karena kondisi saya masih lemas, belum sembuh, dan akhirnya saya dirawat inap sekitar 2 hari 3 malam. Dan kalian tau berapa biayanya? Untuk biaya rawat inap, biaya dokter, biaya obat, biaya infus, biaya transportasi suami ke RS, biaya makan selama jagain saya, dll menghabiskan biaya kurang lebih 3jutaan.

Sumber foto by Google

Itu artinya harus mengorek semua uang tabungan yang sudah susah payah saya kumpulkan untuk biaya pendidikan anak, jadi dipakai buat biaya rumah sakit. Belum lagi biaya pasca penyembuhan, mesti harus istirahat dan minum vitamin. Dan akhirnya sepulang dari rumah sakit, saya dan suami pun berdiskusi untuk membeli asuransi kesehatan. Semua hal kami bicarakan, mulai dari biaya premi, manfaat apa aja yang kita dapatkan, susah atau gak klaimnya, bekerja sama di rumah sakit mana aja, dll.

Karena dijaman canggih kaya sekarang, mencari Asuransi apa yang paling bagus itu mudah berkat kecanggihan teknologi. Tinggal searching aja, karena pada dasarnya semua perusahaan asuransi itu bagus, tujuannya sama untuk mengcover biaya rumah sakit yang semakin mahal. Belajar dari pengalaman, saya gak mau kejadian saya waktu 4 tahun yang lalu terulang lagi. Saya ingin hidup tenang, dikala sakitpun saya gak mau dibebani dengan biaya rumah sakit.

Sumber foto by Google

Apalagi asuransi sekarang itu sudah semakin mudah dicari, gak perlu kita telepon marketingnya dan ketemuan. Daftar asuransi sekarang bisa lewat online, dan klaimnya pun juga semakin mudah gak sesulit dulu. Asal kita lengkapu semua berkas yang dibutuhkan, dana pun bisa dengan cepat cair ke rekening kita, (itu jika asurasi dengan sistem reimbursement). Tapi kalau asuransi kita dengan menggunakan kartu (cashless) kita tinggal tunjukan kartu tersebut ke bagian administrasi aja. Gampang banget kan..!

Kalau kalian gimana? Udah punya asuransi??

Tips Merawat Rambut Tetap Indah Untuk Wanita Berhijab

Paparan matahari, polusi dan debu pasti membuat rambut kita terganggu kesehatannya, tidak terkecuali wanita yang kesehariannya menggunakan hijab. Keringat yang berlebihan di kulit kepala bisa menjadi ketombe dan rambut yang lembab bisa menimbulkan bau. Nah, gimana sih cara agar rambut dan kulit kepala tetap sehat meski menggunakan hijab? Yuk simak tips berikut ini.

1. Cuci Rambut Secara Teratur

Walaupun berhijab dan rambut terlindung dari debu dan polusi, tapi juga rambut wajib dibersihkan. Caranya cukup sederhana yaitu dengan keramas minimal seminggu 3 kali untuk menghilangkan kotoran yang menempel di kulit kepala dan rambut. Sebaiknya keramas di sore hari sehingga rambut terhindar dari proses pengeringan di bawah sinar matahari langsung.

2. Usahakan Rambut Tetap Kering

Jika harus segera beranjak setelah keramas, pastikan rambut sudah kering. Gunakanlah pengering rambut hingga rambut benar-benar kering, jangan biarkan rambut kalian basah ketika memakai hijab, karena rambut basah hanya akan menimbulkan bau tak sedap.

3. Perhatikan Saat Menyisir

Pada saat menyisir, pastikan kondisi rambut sudah kering atau minimal setengah kering. Jika rambut masih terlalu basah akan menyebabkan rambut patah dan mudah rontok karena ditarik oleh beban yang lebih besar dari air yang terdapat pada rambut. Cara lainnya adalah dengan menyisir rambut sebelum tidur, dan pada posisi tidur rambut ditaruh di atas kepala. Sehingga rambut tidak berantakan saat bangun.

4. Mengikat Rambut

Jika rambutmu terlalu panjang, boleh saja loh diikat, tapi pilihlah pengikat yang terbuat dari kain supaya rambut mudah bernafas. Alasan lainnya, karet yang digunakan untuk mengikat rambut kadang sangat menyiksa saat dilepaskan karena akan banyak rambut yang rontok tertarik oleh karet.


5. Gerailah Rambut

Biar bagaimanapun, rambut juga harus bernapas ya guys. Jadi sebaiknya bukalah hijab dan gerailah rambut saat sudah tiba di rumah. Berikan kesempatan rambut dan kulit kepala untuk bernafas. Namun jika udara sedang terasa panas, kalian boleh juga menjepitnya asal jangan diikat.

6. Pilih Hijab yang Sesuai

Memilih bahan hijab juga sangat penting bagi kesehatan rambut lho guys. Pilihlah hijab dengan bahan yang berpori-pori dan tidak terlalu rapat. Usahakan bahan yang dipilih mampu menyerap keringat sehingga penguapan tetap bisa berlangsung. Sebelum memakai hijab, biasakanlah mengenakan ciput atau topi agar kain kerudung tidak langsung menempel di kening. Tujuannya supaya ada sirkulasi udara dan menghindari jerawat tumbuh di kening.

7. Konsumsi Makanan Bergizi

Jika rambut ingin sehat maka diperlukan nutrisi yang baik pula. Asupan vitamin dan zat gizi yang baik dapat berperan dalam menjaga kekuatan dan kesehatan rambut. Karena jika kurang asupan protein dan vitamin rambut bisa menjadi rusak. Kerusakan dapat berupa rambut rontok, kemerahan, kusam, berketombe, Vitamin yang dibutuhkan oleh rambut diantaranya adalah vitamin B kompleks, vitamin C, dan zat besi.

Semoga bermanfaat

*Foto by google*

Generasi Millenial Wajib Tahu Apa Itu Parkinson…?

Tepat di tanggal 7 november 2019 kemarin, saya menghadiri seminar bersama dengan Vlogger dan Blogers lainnya dengan tema Mengenal Parkinson oleh dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S di RS Premier Jatinegara.

Sambutan pertama dari Dr. Widya perwakilan dari RS Premier Jatinegara, tentang apa itu Parkinson dan bagaimana cara penanggulangan dari penyakit parkinson. Penyakit ini masih sangat awam ditelinga masyarakat, dan gejalanya hampir mirip dengan penyakit Stroke.

Tercatat ada sekitar 2,6 juta jiwa terkena Parkinson pada tahun 1990 dan pada tahun 2015 mengalami kenaikan yang signifikas yakni 6,5 juta jiwa, angka yang sangat fantastik.

Fakta-fakta tentang penyakit parkinson yaitu:
1. Parkinson Terjadi Karena Kerusakan Sel Saraf Otak
2. Belum Diketahui Penyebabnya
3. Biasanya Terjadi pada Usia 60-an
4. Mengalami Tremor
5. Otot Kaku dan Sakit
6. Terbagi Menjadi 5 Stadium
7. Penyembuhan dengan 3 Jenis Terapi

Penyakit ini menyerang gejala motorik, sehingga memengaruhi alat penggerak tubuh. Gejala motorik paling umum adalah tremor atau gemetaran ringan (gemetar). Biasanya, gejala ini terjadi pada tangan, lengan, dan kaki.

Tremor biasa terjadi dalam keadaan sadar di posisi duduk atau diam berdiri. Gejala ini awalnya hanya terjadi pada satu bagian tubuh, tetapi lama-kelamaan akan merembet ke bagian tubuh lainnya.
dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S mengatakan ada juga gejala Non – Motorik yang dialami pasien Parkinson, diantaranya susah BAB, gangguan tidur, halusinasi, stress dan lainnya.

Contohnya gejala halusinasi, kadang menghadapi orang yang berhalusinasi, kita suka ikut naik darah/emosi, yang mengakibatkan kemarahan. Jadi keluarga pasien Parkinson juga harus di didik agar lebih bersabar mengahapi pasien parkinson. Keluarga pasien harus lebih tenang dalam menjawab setiap pertanyaan dari pasien Parkinson.

Ada juga gejala lain dari penyakit Parkinson, seperti ekspresi wajah kaku (tidak bisa tersenyum), agak bongkok, keseimbangan terganggu, dan terjadi diawali dari satu sisi badan. Gejala ini agak mirip dengan stroke, mungkin karena penyakit Parkinson masih sangat awam, jadi masyarakat tahunya gejala ini adalah gejala stroke, padahal sangat berbeda.

Cara pengobatan penyakit Parkinson bisa dilakukan dengan 3 cara, seperti Obat oral, Obat infus atau dengan Operasi, tergantung seberapa parah pasien tersebut. Penyakit ini, bisa menghabiskan banyak biaya untuk pengobatannya. Bahkan bisa menguras harta yang kita kumpulkan selama ini karena mahalnya biaya pengobatannya.

Tapi eiittss,, gak perlu khawatir lagi soal biaya, karena penyakit Parkinson ini, dicover loh sama BPJS. Jadi aman, gak usah keluarkan uang tabungan, karena ditanggung BPJS.


Ada baiknya kalo ada keluarga atau orang disekitar kita yang menunjukan gejala2 tersebut ada baiknya segera diperiksakan agar bisa langsung dapat penanganan dari dokter ahli. Naahh, sekarang untuk pengobatan penyakit Parkinson, di RS Premier Jatinegara sudah ada loh, Klinik Parkinson & Gangguan Gerak yang ditangani oleh doktet ahlinya dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S.

Seseram-seramnya penyakit, jika ditangani oleh dokter ahlinya, Inshaallah bisa tertangani dan bisa pulih kembali. Sudah banyak loh, pasien yang bisa pulih dari penyakit Parkinson setelah berobat ke Klinik Parkinson & Gangguan Gerak RS Premier Jatinegara.

Dan kita sebagai generasi muda, agar terhindar dari berbagai penyakit, baiknya kita selalu menjaga kesehatan, dengan pola hidup sehat. Makan makanan yang bergizi, olah raga teratur, minum air mineral yang cukup, perbanyak makan sayur-sayuran hijau serta buah-buahan. Hindari makanan/minuman cepat saji, dan berpengawet, istirahat yang cukup dan tak lupa selalu berdoa kepada Yang Kuasa agar selalu diberi kesehatan.

Kita bisa menikmati hidup diusia tua tanpa penyakit dan keluargapun sehat bahagia.

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai